Entri Populer

Selasa, 27 Februari 2018

5 Strategi Pemasaran WOM ( Word of Mouth )

       Manusia sangat mengandalkan jaringan  mereka sebelum mengambil keputusan, kemana mereka pergi, apa yang harus dilakukan, dan apa yg harus dibeli. Setidaknya 92% konsumen percaya atas rujukan dari orang yang mereka kenal, 77%  cenderung bakal membeli produk baru setelah mempelajari nya dari teman atau keluarga.


       Menurut Profesor Marketing Wharton Jonah Berger, penulis buku best seller Contagious, menyebutkan pemasaran mulut ke mulut (word of mouth) adalah iklan tradisional yang 10x lebih efektif. kendati demikian strategi pemasaran ini tidaklah mudah. Sebab, ANda harus membuat pesan sederhana yang viral, namun sayangnya tidak memiliki format standar.

Artikel ini akan membahas lebih jauh lagi tentang strategi apa saja yg Anda perlukan saat mempraktekan pemasaran mulut ke mulut untuk dongkrak usaha Anda.

1. Lampaui Prediksi Pelanggan
Menurut banyak pengusaha, bisnis haruslah fokus menciptakan layanan yang dapat mengubah pelanggan menjadi penggemar yang tidak berhenti membicarakan produk Anda. Bila ANda sudah capai tahap tersebut, artinya  Anda sudah berhasil melampaui pelanggan dengan memberikan layanan yang luar biasa.
Pemasaran mulut ke mulut dipicu saat pelanggan mengalami sesuatu yg jauh melampaui apa yang mereka awal prediksi. Oleh karena itu, Anda perlu buat suasana menyenangkan dan memuaskan hasrat pelanggan. Penting untuk diingat, bahwa ini bukan tentang memberikan hadiah atau mengadakan diskon, tapi mengenai cara Anda memperlakukan dan berkomunikasi dengan pelanggan. 

2. Ciptakan Pengalaman WOW
Semua usaha kecil yang sukses tampaknya memiliki keunggulan tersendiri. Mereka dapat menemukan cara untuk membedakan dirinya sendiri. Tidak cukup menawarkan produk atau layanan yang berkualitas, Anda perlu mengejutkan mereka, tidak sekedar memuaskan.
Bagaimana caranya..? yakni dengan memasukan pengalaman WOW. Transformasi pengalaman yang spesial dan tak terlupakan. sebagai contoh, jika Anda mengadakan family gathering bersama kegiatan out dor yang sangat menyenangkan, dan cendera mata yang di ingat.

3. Permudah Pelanggan Meninggalkan Ulasan / pengalaman mereka.
Saat menjalankan pemasaran mulut ke mulut, hal terburuk yang kemungkinan terjadi adalah menyulitkan pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain tentang produk Anda.  Jadi buat semudah mungkin bagi pelanggan untuk meninggalkan ulasan dan memberika rekomendasi.

4. Tetapkan target
Sama seperti strategi pemasaran lainnya, target seperti "membuat setiap orang memberikan produk kami" atau "membuat tamu membludak jumlah nya" terlalu samar untuk diukur tingkat efektifnya. Dalam rencana Anda, buat tujuan dan sasaran yg terukur. Misalnya, " kami ingin 50 pelanggan baru per hari nya", setiap tujuan harus memiliki batasan waktu dan metode terperinci untuk pencapaiannya. 

5. Promosikan Bisnis Melalui Media Public
Media public adalah cara untuk menjaga bisnis di mata publik. Meski bisnis baru berdiri, Anda harus tetap mengembangkan hubungan dengan masyarakat publik.
Pada dasarnya pemasaran mulut ke mulut itu tidaklah mudah, namun dengan sedikit perencanaan strategis, bisnis yg masih kecil dapat menciptakan dengungan nyata di sekitarnya. Sebaiknya Anda tidak takut untuk berpikir di luar kotak, Anda bisa meraih banyak kreativitas bahkan dengan anggaran kecil. 
Pemasaran mulut ke mulut adalah bentuk periklanan yang paling hebat demiliki pebisnis kecil karena setiap pelanggan yang bahagia dapat menggiring orang baru dengan cara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar